YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PUBLIC RELATIONS
Oleh : Wasis Budiarto,S.Pd
Dikutip
dari buku Hegar Pengarep yang berjudul public relation yang kredibel (2016). Ada beberapa sifat yang harus
dimiliki oleh orang yang bergerak dibidang publick relation antara lain :
1.
Percaya
diri
Aldous huxley mengatakan “ hanya ada sudut di alam semesta ini yang
membuat anda yakin semua akan membaik, dan itu adalah diri anda sendiri”
Rasa percaya diri harus ditonjolkan saat bertemu dengan relasi anda
dengan cara menguasai apa yang hendak dibicarakan. Tanpa anda menguasai bahan
pembicaraan maka semuanya akan menjadi sia-sia. Ketidak mampuaan menguasai
bahan pembicaraan, akan menjadikan perasaan was-was dan pada akhirnya anda
tidak memiliki konsentrasi dan berujung pada kegagalan dalam menjalin relasi.
2.
Bertanggung
jawab dalam tindakan dankeputusan
Abraham lincoln mengatakan “ anda tidak dapat melarikan diri dari
tanggungjawab hari esok dengan menghindari hari ini “. Salah satu bentuk
tanggung jawab adalah memenuhi dan dan keajiban diri sendiri dan orang lain.
Public relations harus memiliki konsistensi antara ucapa dan tindakan. Tidak
ada kata lalai untuk melakukan sebuah tanggungjawab. Menjalin hubungan relasi
juga berlaku demikian, yaitu saling bertanggungjawab dengan komitmen yang telah
disepakati jangan hanya menuntut hak saja tetapi melalaikan kewajiban.
3.
Kemampuan
mensugesti orang lain
Sugesti merupakan pendapat yang dikemukakan yang berisi anjuran
atau saran. Sugesti juga dapat diartikan sebagai pengaruh yang dapat
menggerakkan hati seseorang. Menurut kustadi suhandang (2004: 70) penerimaan
pesan atau isi komunikasi apapun bentuknya, secara sugestif dapat dicapai
apabila keadaan komunikasi atau khalayak sasaran dalam keadaan (a) daya pikir
terhambat (b) kepastian batin lumpuh sehingga menimbulkan pikiran yang
terpecah-pecah, (c) kepercayaan akan mitos (d) pengaruh otoritas dan prestise
(e) pembawaan azali yang sudah ada pada seseorang dan (f) mayoritas pendapat.
4.
Jangan
terlalu reaktif
Andres segovia mengatakan “ manusia yang tidak memiliki kesabaran
itu bagaikan menyalakan lentera tanpa minyak”. Sebuah permasalahan terkadang
membuat kita ingin cepat bereaksi dan menyelesaikan secepatnya juga. Namun,
yang perlu diingat adalah jangan terlalu reaktif dalam menanggapi permasalahan.
Sikap reaktif memang kadang diperlukan untuk memberikan penjelasan secepatnya,
tetapi perlu dipertimbangkan dahulu apakah yang hendak dijelaskan telah sesuai
atau belum. Jangan terburu-buru dalah bereaksi sebab jika anda melakukan
kesalahan dalam bereaksi, hal tersebut hanya akan memperkeruh permasalahan.
Jangan pertaruhkan anda dan perusahaan tempat anda bernaung dengan sikap
reaktif yang berlebihan.
5.
Buatlah
gaya bicara yang menarik.
Morihei ueshiba mengatakan “ sebuah sikap yang baik dan gerak tubuh
yang tepat mencerminkan keadaan pikiran”. Gaya bicara yang menarik haruslah
diimbangi dengan isi pembicaraan yang berkualitas. Gaya bicara yang menarik
bisa anda lakukan dengan menggunakan tatabahasa yang baik dan benar dibarengi
dengan mimik yang mendukung. Semakin anda membuat orang lain tertarik, mereka
akan semakin mengikuti arah pembeiraan anda. Semakin berkualitas isi
pembicaraan anda, maka anda akan semakin dihargai karena keluasan pengetahuan
anda. Dengan demikian, anda akan memberikan kesan positif dan orang lain akan
selalu mengingat hal tersebut.
6.
Ingatlah
tujuan utama
Dale carnegie mengatakan “ sukses berarti mendapatkan yang anda
inginkan, sedangkan kebahagiaan adalah menginginkan yang anda peroleh “. Public
relations menurut charles S. Steinberg, ialah menciptakan opini publik yang
meyenangkan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh badan atau perusahaan
yang bersangkutan (suhandang, 2004 : 53). Ingat juga bahwa seorang public
relations haruslah mampu menambah nilai positif suatu perusahaan ataupun
organsasi. Dengan memberikan nilai lebih bagi perusahaan, tentu organisasi
ataupun perusahaan akan diakui secara baik oleh seluruh lapisan masyarakat.
Selain itu seorang public relations harus selalu siap untuk membela diri
ataupun melakukan klarifikasi terhadap pendapat negatif yang sedang beredar.
Hal tersebut untuk meminimalkan dampak negatif yang bisa saja muncul.
7.
Memiliki
jiiwa kepemimpinan
Stephen covey mengatakan “ kepemimpinan adalah cara
mengkomunikasikan kelebihan dan potensi orang lain hingga melihat kualitasnya”.
Kepemimpinan pada umumnya memerlukan kelebihan. Sebab, seorang pemimpin
haruslah lebih daripada yang dipimpinnya. Kelebihan yang dimaksudkan meliputi :
budi pekerti yang baik, ketenangan, moralitas, melakukan sesuatu secara efektif
dan efisien, kematangan, integensi, motivasi dan lainnya. Seorang public
relations haruslah memiliki jiwa kepemimpinan, sehingga mempermudah kerjanya.
Kelebihan-kelebihan haruslah ditunjukkan secara nyata dalam bentuk program dan
pelaksanaan sesui konteks yang melingkupinya. Hal lain yang perlu dikembangkan
dalam jiwa kepemimpinan adalah sanggup menggerakkan orang secara sukarela dalam
ranggka mencapai tujuan bersama.
8.
Tampilkan
sisi positif
Eugene F. Ware mengatakan “ semua kejayaan datang dari keberanian
memulai “. Sisi positif adalah daya tarik tersendiri yang dimiliki setiap orang
dan itu meruakan poin plus dalam menjalin hubungan. Jangan menonjolkan sisi
negatif secara vulgar dan berlebihan karena orang laian akan menilai kita
sebagai orang yanag selalu diliputi sisi negatif. Menonjolkan sisi negatif
hanya akan membuat orang lain antipati dan penuh curiga terhadap kita. Hubungan
yang dimuai dengan rasa antipati dan penuh curiga akan membuahkan sebuah
hubungan yang tidak bertahan lama dan cenderung menuju arah kegagalan. Sisi
positif dalam membangun relasi adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan.
Hal-hal positif yang ditonjolkan oleh kita pada orang laian akan membuat orang
lain tertarik untuk menjalin relasi dengan kita.
9.
Jangan
banyak berpura-pura
Mark Twain mengatakan “ karakter manusia dapat dipelajari dari kata
sifat yang biasa digunakan dalam percakapan “. Mungkin anda dapat berpura-pura
satu atau dua kali. Tetapi jika dilakukan berulang kali, kepura-puraan tersebut
lambat laun akan ketahuan juga. Ada banyak bentuk berpura-pura, dan ada banyak
alasan untuk melakukan kepura-puraan tersebut. Ketika menghadapi seseorang
dengan karakter yang sulit ditebak, kadang anda memerlukan sikap pura-pura
dengan tujuan menyelami karakter orang yang dimakskud. Akan tetapi, jika anda
sudah mampu menebak karakter orang lain, janganlah anda melakukan kepura-puraan
lagi. Jika anda terus melakukan kepura-puraan lagi. Jika anda melakukan
kepura-puraan lagi maka orang tersebut akan menganggap anda sebagai orang yang
tidak jujur dan cenderung manipulatif. Ingat, jangan pertaruhkan nama baik anda
dengan kepura-puraan. Jadilah diri sendiri dengan karakter yang baik dan tidak
dibuat-buat.
11. Jangan terlalu berprasngka buruk
William hazlitt mengatakan “ prasangka adalah buah dari ketidak
pedulian”. Prasangka buruk pada orang lain akan membuat kita mersa was-was.
Efek was-was tersebut adalah emosi berlebihan yang akan ikut serta
didalamnya. Biasanya prasangka buruk
akan membuat orang menjadi agresif untuk menentang apa yang diucapkan oleh
lawannya. Jika sudah demikian, tentu kemampuan dalam menilai secara objektif
menjadi tidak ada lagi. Hal tersebut. Karena didominasi oleh egoisme semata
berprasangka buruk jua akan kita terjerumus dalam pikiran yang tidak jernih dan
gegabah. Oleh karena itu, jangan sampai prasangka buruk terus ada dalam diri
kita. Boleh saja kita berprasangka untuk membentengi diri, tetapi jangan
samapai berlebihan dan menghilangkan akal sehat kita.
12. Ingat anda adalah jembatan penghubung
Herman melville mengatakan kita tidak bisa hidup hanya untuk diri
kita sendiri. Seribu serat menghubungkan kita dengan orang laian”. Public
relations dalam kenyataanya bisa diibaratkan seperti jembatan penghubung.
Mengapa demikian? Tidak bisa dipungkiri bahwa public relations berperan
menyampaikan maupun menerjemahkan apa kemauan pimpinan terhadap khalayak.
Bayangkan saja jembatan arti sebenarnya yang memiliki peran vital sebagai
penghubung daerah yang dipisahkan oleh sungai. Demikian pula seorang pulic
relations, juga berperan sebagai jembatan penghubung yang akan menghubungkan
sebuah isntitusi ataupun perusahaan dengan khalayak. Kemampuan menerjemahkan
dengan bahasa khalayak haruslah dimiliki oleh pubic relatons. Jangan salah
menerjemahkan kemauan pemimpin, sebab hal tersebut bisa berakibat fatal.
Sebagai jembatan penghubung tentu pubilc relations memiliki peran penting. Oleh
kerena itu, tanyakan sejaca jelas kepada pemimpin hal-hal yang mungkin saja
anda kurang jelas.
13. Menjadi sumber informasi dan kelebihan
Andrew carnegie mengatakan saya percaya bahwa jalan sejati menuju
kesuksesan tinggi dibidang apa pun, adalah dengan membuat diri anda menguasai
bidang tertentu”. Untuk memikat dan membuat orang laian merasa membutuhkan
anda, salah satu caranya adalah dengan memiliki banyak pengetahuan. Banyaknya
pengetahuan yang kita miliki, secara otomatis dapat membuat orang laian merasa
tertarik dengan kita. Tentu saja pengetahuan tersebut harus jarang dimiliki
orang lain. Jika banyak orang lain yang juga mentetahui hal serupa, tentunya
mereka tidak akan bertanya pada anada. Kelebihan juga dapat menjadi daya pikat
yang akan membuat orang lain merasa membutuhkan anda. Kelebihan yang dimaksud
disini adalah keterampilan dan kemampuan diberbagai bidang. Dengan begitu,
orang lain akan menjadi tergantung kepada anda untuk berhasil mencapai tujuan.
Hal itu juga menandakan anda memiliki pengaruh untuk meningkatkan pengetahuan
dan kelebiahan lainnya, bisa dilkukan dengan cara selalu mempelajari
hal-halbaru dan engethuan baru sehingga tidak ketinggalan.
14. Memilki kekuatan
David j. Schwartz mengatakan bahwa suatu kiinginan jika diarahkan
merupakan kekuatan”. Jika anda memiliki kekuatan, tentu akan disegani ataupun
mudah dalam mempengaruhi orang lain. Bentuk kekuatan yang ada dalam diri anda
bisa karena kedudukan anda dalam perusahaan atau bisa juga diperoleh secara
alami. Kekuatan dalam bernegoisasi ataupun persuasi merupakan hal penting dalam
tercapainya tujuan. Kemampuan tanpa dibarengi kekuatan, ibarat memiliki
pengetahuan dan menginginkan sekolah, tetapi tidak memiliki biaya untuk
sekolah. Semakin banyak kekuatan yang dimiliki, semakin kuat pula pengaruh anda
terhadap orang lain.
15. Katakan sesuatu secara realitas
Pablo pccaso mengatakan semua anak adalah seniman. Masalahnya
adalah bagaimana tetap menjadi seniman ketika ia besar nanti”. Banyak orang
ketika mengatakan sesuatu, cenderung berlebih-lebihan guna menarik perhatian
orang lain. Perkataan yanag banyak menyimpang dari realitas, mungkin sementara
waktu akan membuat orang merasa kagum, namun untuk jangka panjang akan membuat
orang lain merasa dibohongi mentah-mentah. Jika sudah merasa dibohongi, tentu
kepercayaan sudah tidak ada lagi dan efeknya akan membuat sebuah hubungan
menjadi terputus. Untuk menghindari hal yang demikian, maka berkatalah secara
realitas dan pertimbangan baik buruknya sebelum berkata-kata.
16. Bersikap hangat dan ramah
Dliver herford menghatakan keramahan adalah seni lembut
meningkatkan daya tarik anda dengan berpura-pura untuktidak menyadarinya’.
Pernahkah anda berjumpa dengan seseorang yang baru dikenal, tetapi ia
menunjukkan sikap yang hangat dan ramah ? ya, tentu anda akan lebih menyukai
orang yang bersikap hangat dan ramah, diabandingkan dengan orang yang hanya
diam saja dan sikapnya menjengkelkan. Isi hati memang sulit diterka, tetapi
setidaknya sikap awal menentukan hubungan selanjutnya. Suatu maksud dan tujuan
menyampaian pesan banyak mengalami keggalan karena tidak mampu menunjukkan
keramahan. Kehangatan dan keramahan merupakan senjata yang mampu meluluhkan
orang lain.
17. Pahamilah orang lain
Alfred adler mengatakan orang yang menyulitkan orang lain adalah
orang yang tidak memiliki perhatian pada orang lain”. Dalam mencari relasi,
tentu mau tidak mau anda harus berhubungan dengan berbagai macam karakter
orang, dari yang low profile sampai dengan yang high profile. Kunci dari
menjalin hubungan tersebut tidak lain adalah kepandaian memahami orang lain.
Memahami orang lain adalah suatu keharusan, karena akan membuka kompromi antara
kepentingan diri sendiri dengan kepentingan orang lain.
18. Memiliki sifat mau mendengar
Woodrow wilson mengatakan telinga pemimpin harus berdenging dengan
suara banyak orang’. Bisa menjadi pendengar yang baik adalah kelebihan. Bagi
sebagian orang, mendengarkan merupakan suatu aktivitas yang sangat membosankan.
Apalagi jika yang dibicarakan kurang berkenan dihati tentu rasa bosan itu akan
berlipat-lipat. Namun, jangan meyepelekan apa yang dikatan orang lain. Sebab,
siapa tahu apa yang disampaiakan kelak akan berguna dikemudian hari.semakin
anda mampu menjadi pendengar yang baik, semakin banyak pula informasi yang
didapatkan dari orang lain.
19. Saling percaya sebagai pelanggeng
Abraham lincoln mengatakan cara untuk maju adalah dengan
memperbaiki diri dalam segala hal, tanpa pernah mencurigai siapa pun yang ingin
menghalangi”. Hubungan yang dilandasi saling percaya, akan mampu bertahan lama
jika dibandingkan dengan hubungan yang dilandasi oleh rasa saling curiga.
110. Kuasai otosugesti
Thomas alfa edition mengatakan kegelisahan dan ketidakpuasan adalah
kebutuhan pertama kemajuan”. Sedangkan menurut muhammad muflih (2006 : 44),
otosugesti adalah perkataan dalam benak manusia yang ada dalam bawah sadar
manusia. Wujud dari otosugesti itu adalah perkataan dan tindakan yang dilakukan
seseorang. Setiap orang dikaruniai otosugesti sendiri-sendiri. Untuk
menumbuhkan otosugesti yang ditempuh adalah selalu berfikir positif dan percaya
diri. Orang yang selalu berfikir positif dan percayadiri akan memiliki sikap
yang tidak mudah meyerah.
211. Jadilah seorang yang karismatik
Warren bennis mengatakan karisma adalah hasil kepemimpinan yang
efektif buakan sebaliknya”. Karisma yang dmiliki seseorang adalah hasil dari
suatu proses panjang yang dilalui sehingga diakui oleh masyarakat. Semakin
banyak sepak terjang yang telah dilalui dengan predikat baik, makasemakin kuat
pula karisma yang melekat pada diri seseorang.
Demikian 20 bekal sebagai seorang public relations yang sukses.
Karena dengan sebuah pengalaman yang anda laluilah anda akan bisa mengerti hal
apa yang perlu anda lakukan untuk bisa menjadi public relatons yang baik.
Komentar
Posting Komentar